
Dalam melakukan personal branding, inti tujuannya adalah bagaimana membuat orang-orang memiliki persepsi terhadap anda seperti persepsi yang anda inginkan. Apakah anda ingin dipersepsikan sebagai seorang marketer online yang hebat, seorang pebisnis sukses, penulis best seller, ahli kesehatan, atau apapun persepsi yang ingin anda bentuk, brand itulah yang harus anda bangun. Tidak terkecuali ketika anda lakukan itu dengan Facebook.
Facebook sendiri memiliki karakter sebagai sebuah social media yang berpadu antara unsur professional dan personal.
Banyak orang menggunakan Facebook untuk kepentingan bisnis mereka, seperti misal menggunakannya untuk marketing usahanya atau menyebarluarkan promo-promo tertentu. Namun tidak kalah banyaknya para pengguna Facebook yang menggunakan Facebook untuk kepentingan pribadi saja. Memahami perilaku dari pengguna social media yang ingin anda manfaatkan untuk personal branding adalah hal yang penting supaya anda bisa menyesuaikan diri dan menyusun strategi yang tepat.
Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, manfaatnya apa membangun personal branding?
Manfaat punya personal branding yang kuat di antaranya:
- Terkenal. Sudah pasti anda akan banyak dikenal orang.
- Menjadikan anda dipandang sebagai pakar. Pakar maksudnya bukan “apa-apa dibikin sukar” (hi hi hi ...) tapi memang pakar yang ahli dalam suatu bidang dimana anda nantinya jadi referensi dan tempat bertanya banyak orang.
- Meningkatkan nilai jual anda. Kalau anda sudah terkenal, kalau anda sudah dianggap pakar, otomatis nilai jual anda naik. Anda akan diundang orang-orang; dan kalau anda punya usaha atau bisnis, itu juga akan mendukung bisnis dan usaha anda.
Nah, anda sekarang sudah paham pentingnya membangun personal branding. Sekarang kita ungkap caranya bagaimana melakukan branding di Facebook.
- Buat profil anda merefleksikan brand atau persepsi yang ingin anda bangun. Misalkan anda ingin melakukan branding sebagai seorang konsultan profesional, pastikan profil facebook anda merefleksikan citra tersebut. Cantumkan hal-hal yang terkait dengan profesi anda.
- Pasang foto yang sesuai. Kalau anda ingin membranding diri anda sebagai seorang profesional, pasang foto yang menunjukkan anda sosok profesional.
- Buat URL username facebook yang singkat.
- Update status sesuai pencitraan brand yang ingin anda bangun. Anda bisa update status yang terkait branding. Misalnya update status soal proyek yang sedang anda kerjakan jika anda seorang konsultan, atau soal seminar yang sedang anda isi jika anda seorang pembicara, atau mungkin tentang perkembangan bisnis internet anda jika anda ingin mendapatkan authority untuk topik internet marketing.
- Pilih grup dan friend secara bijak. Teman dan grup yang anda ikuti adalah refleksi dari anda. Kalau grup yang anda ikuti baik, anda pun akan dipandang baik. Kalau dipandang buruk, anda ikut tersangkut buruk.
- Lakukan tagging dan sharing. Baik dalam update status berupa teks, foto, atau video. Namun jangan sembarangan melakukannya. Pastikan hanya pilih orang yang sesuai atau terkait hal yang anda tag-kan.
- Klasifikasikan teman-teman anda. Biar tidak campur aduk, anda bisa klasifikasikan teman-teman anda. misalnya sebagai hubungan pertemanan, hubungan keluarga, hubungan profesional, dan lainnya. Caranya:
Dengan melakukan persiapan personal branding secara tepat di facebook, hasilnya akan luar biasa sebagai pondasi personal branding di Facebook. Brand personal anda akan tertancap kuat sebagai top of mind di kalangan teman-teman facebook anda. Semoga bermanfaat...
No comments:
Post a Comment