Monday, August 12, 2013

Tingkatkan Penjualan di Social Media Dengan Cara Ini

social media marketing tingkatkan penjualan
Social media adalah channel yang relatif baru dalam dunia marketing konvensional, di era baru ini social media sudah menjadi senjata membangun Brand oleh para marketer untuk membidik para netizen khususnya di Indonesia. dengan jumlah pengakses Internet sebanyak 50 juta lebih dan terus meningkat hal ini menjadi lahan promosi yang potensial untuk dieksplorasi.

Beberapa brand yang masuk ke ranah social media tetapi belum secara maksimal memanfaatkan channel digital marketing ini, ada brand yang terlihat masuk ke ranah Social media sekedar pelengkap program marketing saja atau bahkan karena coba-coba mengikuti kompetitornya. Mungkin hanya beberapa brand di Indonesia yang sudah sangat tepat dalam melakukan campaign social media marketing. Mereka sangat fokus membangun brand di social media dengan spend budget yang terus meningkat untuk meraih perhatian konsumen di channel digital ini.

Maka ini adalah sebuah tantangan untuk para brand khususnya marketer. Social media yang dinamis dan horizontal membuat pola marketing berubah. konsumen sudah dapat memilih brand yang baik untuk mereka. Konsumen juga sudah dapat memberikan komentar terhadap brand secara spontan dan dapat dilihat oleh khalayak. jadi hal yang sangat penting untuk Brand terjun ke channel social media dengan selalu update pasar, kreatif dan lebih manusiawi. dan point penting lagi dapat memenuhi keinginan konsumen dengan tepat.

Nah Tantangan sekarang adalah bagaimana meningkatkan sales di social media. Karena sifat social media adalah conversation secara horisontal maka agak sedikit sulit untuk dapat terlihat langsung bahwa program dan activation di ranah Social Media memberikan impact kepada sales sebuah brand.

Berikut ini cara jitu tingkatkan penjualan di social media antara lain sebagai berikut:

A. Social Media Meningkatkan Sales Secara Tidak Langsung


Social media meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sesuatu kegiatan sebuah brand di social media tetapi hanya meningkatkan brand awareness sebuah produk dan membangun percakapan positif tentang brand di social media sehingga dapat meningkatkan penjualan yang dilakukan di toko-toko, showroom, atau saluran distribusi lainnya dari brand tersebut. Adapun cara untuk meningkatkan sales secara tidak langsung adalah sebagai berikut:

1. Membuat brand activation di social media yang bertujuan untuk membangun brand awareness brand tersebut di social media. Cara ini sudah terbukti dengan adanya brand minuman yang setelah melakukan brand activation menggunakan social media sehingga penjualan produknya naik secara signifikan.

2. Menciptakan WOMM di social media yang bertujuan agar brand kita diperbincangkan oleh konsumen, diharapkan dengan perbincangan yang positif di social media maka diharapkan konsumen dapat melakukan pembelian produk di toko karena impact dari WOMM adalah rekomendasi. Beberapa data menyebutkan bahwa yang mempengaruhi pembelian terbesar adalah “rekomendasi teman” dan sebuah brand yang sukses dengan strategi ini contohnya adalah brand sebuah produk ice cream yang penjualannya meningkat pesat dari target yang di tentukan karena efek WOMM di social media.

3. Menciptakan informasi produk yang lengkap dan menarik di social media. hal ini bertujuan dengan informasi lengkap dan menarik dapat menarik konsumen membeli produk yang di pamerkan. karena informasi yang lengkap dan menarik dapat menjadikan “Brand Switching” dengan terjadinya brand switching maka secara tidak langsung konsumen yang akan membeli produk pesaing akan membeli produk kita karena merasa puas dengan informasi produk yang lengkap dan menarik yang kita sajikan.

B. Meningkatkan Sales di Social Media Secara Langsung


Meningkatkan sales di social media secara langsung adalah bagaimana kita membuat program di social media yang bertujuan meningkatkan sales secara nyata. Sehingga efeknya akan terlihat langsung adanya omzet penjualan dari program yang kita jalankan. Adapun cara untuk meningkatkan sales secara langsung adalah sebagai berikut:

1. Program Shocking Deal: Program ini adalah sebuah program yang dilakukan di media online dengan membuat program discount kepada konsumen di online tetapi dalam jangka pendek sehingga akan membuat penasaran konsumen. Key Performace Indikatornya (KPI) adalah demand konsumen untuk melakukan order produk di program online ini. hal ini jelas akan meningkatkan sales secara langsung.

2. Membuat Toko Online: Jelas aktifitas ini meningkatkan Sales secara online karena konsumen dapat langsung melihat produk dan langsung memesan produk yang diinginkan. Syarat brand untuk membuat toko online ini harus dibangun dengan system yang detail dan mudah sehingga layanan kepada konsumen akan tetap terjaga. karena apabila system yang belum kuat akan menjadi bumerang terhadap brand itu sendiri. Tentunya platform yang digunakan pun haruslah social media friendly atau bahkan terintegrasi dengan social media itu sendiri.

3. Program Member Card Online: ini adalah program yang dibuat untuk meningkatkan sales secara langsung melalui layanan member card, konsumen yang membeli produk dengan menggunakan member card online dapat reward yang lebih dibanding dengan konsumen yang tidak memiliki keanggotaan. Program reward atau point inilah yang bisa dijadikan gamification yang terintegrasi dengan social media sehingga apabila campaing berhasil menarik perhatian maka efek viralnya akan luar biasa.

Demikian beberapa cara jitu meningkatkan sales di social media. Hal ini akan berjalan dengan baik apabila di handle secara serius siapkan team yang benar-benar expert di bidang digital marketing sehingga program dapat berjalan dengan maximal dan dapat memberikan impact sales yang positif.

Ingin berbagi pengalaman anda dalam meningkatkan penjualan melalui social media? Silakan bagikan dengan menuliskannya pada kolom komentar di halaman ini...

sumber: the-marketeers.com (dengan perubahan)

No comments:

Post a Comment