Saturday, November 26, 2016

Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang

Agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang


Siapa yang tidak senang menyambut jam makan siang di hari kerja, waktu untuk kita bisa istirahat sejenak dari rutinitas pekerjaan sambil mengisi perut yang kosong. Namun setelah istirahat makan siang sering kali bukan rasa segar yang kita dapatkan, malah jadi ngantuk berat dan membuat setengah hari kerja kita terasa kurang maksimal. Sering merasa seperti ini?

Rasa kantuk yang timbul setelah makan siang umumnya timbul karena makanan yang kita konsumsi mengakibatkan tubuh mengalirkan darah dari otak menuju saluran pencernaan untuk memproses dan menyerap apa yang kita makan. Ditambah tubuh kita juga melepaskan sedikit hormon melatonin setelah makan, hormon yang membantu kita tidur di malam hari.

Lalu bagaimana agar tidak mengantuk setelah makan siang? Supaya setelah makan siang kita tidak merasakan kantuk berat, asupan makan pada saat makan siang perlu kita jaga. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih makanan yang bisa kita terapkan.


1. Pilih karbohidrat kompleks, kurangi karbohidrat sederhana.

Karbohidrat sederhana adalah sumber energi yang cepat diolah tubuh. Sedangkan karbohidrat kompleks adalah sebaliknya,  membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh maka karbohidrat kompleks menyebabkan kenaikan glukosa darah seseorang dengan lebih lambat beberapa saat setelah dikonsumsi jika dibandingkan dengan efek mengkonsumsi karbohidrat sederhana.

Umumnya kita orang Indonesia banyak mengkonsumsi nasi ketika makan siang. Bahkan menjadi asumsi sebagian orang kalau belum makan nasi ya berarti belum makan. Namun nasi termasuk karbohidrat sederhana, sedangkan agar merasa bugar setelah makan siang sebaiknya kita mengkonsumsi karbohidrat kompleks.

Upayakan untuk mengurangi porsi nasi. Bila memungkinkan gantilah nasi dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti pisang, beras cokelat, oats, kentang, jagung, ubi jalar, kacang polong, labu.

2. Konsumsi buah dan sayur.

Kalau kita ingin tidak mengantuk setelah makan siang dan tetap merasa kenyang, perbanyak konsumsi buah dan sayur adalah solusinya. Buah dan sayur yang kaya serat perlu waktu lebih untuk dicerna sehingga kita akan merasa kenyang lebih lama.

Buah-buahan segar bisa anda konsumsi sebelum menyantap makanan pokok. Asupan buah ini dapat memberikan energi yang lebih sebab kandungan gula alaminya. Dan sayuran yang mengandung mineral seperti zat besi akan membantu meningkatkan tubuh dalam memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan tubuh dalam mempromosikan oksigen ke dalam tubuh agar menjadi energi.

3. Hindari makan berlemak dan bergula.

Makan siang dengan menu gulai, semur daging, rendang ditemani dengan es teh manis memang nikmat. Namun ternyata makan siang yang berlemak dan bergula justru membuat kita cepat mengantuk. Ini disebabkan energi dari gula dan lemak cepat habis diserap tubuh.

Oleh karena itu hidari menu-menu berlemak dan bergula semaksimal mungkin bila tidak ingin mengantuk setelah makan siang. Selain itu dengan membatasi konsumsi lemak dan gula berdampak positif juga bagi kesehatan tubuh kita untuk jangka panjang (terutama bagi kita yang seharian duduk di belakang meja kerja).

4. Perbanyak konsumsi air putih.

Penyebab rasa kantuk salah satunya karena tubuh mengalami kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Selain kantuk, dehidrasi membuat tubuh kita lesu, cepat letih, dan kurang fokus yang pastinya membuat kerja tidak maksimal.

Pastikan minum air putih dalam jumlah yang cukup saat makan siang agar cairan tubuh tetap terjaga. Air putih juga membantu memperlancar proses detoksifikasi pada tubuh kita, dengan keluarnya detoks atau racun dari tubuh akan membuat tubuh terasa segar.

5. Jaga porsi makan.

Meskipun mengganti menu makan siang kita dengan menu sehat, porsi makan tetap harus diperhatikan. Porsi yang kurang bisa membuat badan kita lemas karena kurang asupan nutrisi sedangkan porsi yang terlalu banyak kemungkinan besar tetap bikin ngantuk setelah makan siang. Makanlah dengan porsi yang cukup, tidak kurang ataupun berlebihan.


Sudah coba rubah menu makan siang tapi tetap mengantuk?

Kalau sudah coba terus menerus makan siang dengan menu yang sehat tapi masih mengantuk berarti ada faktor lain selain makanan yang membuat kita mengantuk setelah jam makan siang. Coba salah satu solusi di bawah ini untuk mengatasinya.

1. Tidur tetap obat yang paling ampuh.

Obat mujarab untuk rasa ngantuk ya tidak lain adalah tidur. Cobalah untuk tidur siang 15-20 menit saja, jangan terlalu lama. Tidak perlu tidur di kasur, cukup cari tempat yang nyaman saja seperti sofa atau bahkan mungkin cukup di meja kerja.

Pastikan kita aktifkan alarm agar bangun pada waktunya agar jam kerja tidak terbuang terlalu banyak (dan jadi bahan gosip rekan kerja). Setelah bangun ambilah segelas air putih untuk diminum dan lakukanlah sedikit gerakan untuk merenggangkan tubuh.

2. Perbanyak gerak dan jalan-jalan.

Ngantuk setelah makan siang bisa jadi disebabkan karena kita bosan dan lelah duduk di meja kerja. Saat rasa ngantuk melanda segeralah berdiri dan gerakkan badan. Bila masih belum cukup, jalan-jalan kecil di area kantor mungkin bisa menhilangkan rasa kantuk.

Kalau setelah jalan-jalan kecil rasa kantuk masih juga belum hilang, cobalah cari area yang tidak terlalu banyak orang dan lompat-lompatlah beberapa kali. Dengan memperbanyak gerak tubuh harapannya mampu membantu memperlancar peredaran darah dan membuat badan segar kembali.

3. Atur suhu dan pencahanyaan ruang kerja.

Suhu yang terlalu dingin dan perut kenyang adalah kondisi ideal untuk mengantuk. Atur AC agar suhu runagan tidak terlalu dingin. Kalau tidak bisa atur suhu AC, cobalah untuk memakai pakaian hangat agar suhu tubuh tetap terjaga.

Faktor Cahaya juga tak kalah penting. Beruntung untuk yang memilki ruang kerja dengan jendela yang memungkinkan masukknya cahaya matahari. Semakin banyak terpapar cahaya matahari umumnya semakin mengurangi rasa kantuk. Bila cahaya matahari kurang maksimal masuk ke ruang kerja, pastikan cahaya lampu tidak redup apalagi remang-remang.

4. Jangan suka begadang.

Apa yang kita lakukan pada malam hari sangat berpengaruh pada perfoma kita di siang hari. Kalau tidur baru setelah jam 01.00 pagi dan harus masuk kerja jam 08.00 pagi tentunya kemungkinan besar kita akan mengantuk di kantor. Pastikan kita memiliki waktu yang cukup untuk tidur yang nyenyak.

5. Minum kopi.

Kalau kita dalam situasi banyak kerjaan, kurang tidur dan tidak memungkinkan untuk tidur siang walaupun hanya sebentar, minum kopi mungkin bisa jadi solusi. Tapi perlu diingat kalau minum kopi perlu dibarengi dengan minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi, dan jangan memaksakan diri kalau memang badan benar-benar dalam kondisi lelah (terutama yang punya resiko jantung dan darah tinggi).

Nah itu tadi beberapa tips agar tidak mengantuk setelah makan siang. Semoga dengan tips di atas bisa menjaga agar produktivitas kita tetap maksimal. Kalau punya tips lain yang ampuh jangan ragu untuk membagikannya dengan menuliskannya di kolom komentar.



No comments:

Post a Comment